Cara Menggabungkan File .RAR yang Dipecah/ Part Menjadi Satu

(240x240)Hillhigh Winrar flat Icon.png     Halo agan-agan semua!:>) Pada kesempatan ini saya akan memberikan pencerahan kepada agan-agan yang tidak tahu bagaimana cara menggabungkan file .RAR yang dipecah menjadi beberapa bagian (part) di PC.:) Sebelumnya, apa agan tahu apa itu winrar?:-? Winrar adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh rarlab.com yang sampai sekarang masih populer di kalangan pengguna windows. Winrar adalah aplikasi yang serupa dengan Winzip, 7zip, dan aplikasi-aplikasi Archive lainnya.:d
     Menggabungkan file .RAR yang dipecah pada winrar tidaklah susah, penggunaannya malah lebih murah daripada HJSplit. Satu paket dokumen dipotong menjadi beberapa bagian yang disebut dengan "Part" adalah konsep dari pemecahan file .rar itu sendiri, gunanya untuk membantu kita sebagai pengguna agar dapat mendownload/ mengupload, maupun menyalin data secara berangsur-angsur(o)
     Agar mudah dimengerti, saya berikan satu contoh. Bayangkan kita akan memindahkan beberapa file yang totalnya berukuran 7 giga dari komputer ke laptop dengan menggunakan flashdisk 4 GB. Bagi agan-agan pasti menyalin secara berangsur-angsur, salin setengahnya dulu-pindahkan ke laptop-kemudian sisanya disalin ke flashdisk dan dipindahkan ke laptop.:) Itu adalah hal yang sering dilakukan oleh orang pada saat menyalin file yang ukurannya besar dan jumlahnya banyak.:d Tapi, bagaimana kalau file yang akan kita pindahkan berukuran 10 Giga atau lebih dan file tersebut hanya terdiri dari SATU buah berkas@-)
     Pada kondisi ini agan tidak bisa membagi file (berkas) tersebut secara manual seperti yang saya contohkan tadi. Itulah makanya diciptakan aplikasi seperti WinZIP, Winrar, 7zip, dll. Aplikasi ini akan membagi file agan yang 10 GB menjadi beberapa bagian yang muat ke dalam flashdisk agan.:)
     Sama seperti mendownload, kalau agan mendownload di warnet dan saya memberikan link tunggal yang aplikasinya berukuran puluhan giga, maka agan harus menunggu dari pagi sampai malam untuk menunggu file tersebut terunduh,@-) dan kalau internet di warnet tersebut lambat maka akan membutuhkan waktu berhari-hari, itu adalah hal yang merugikan sekali.:-s Tapi, kalau file tersebut dipecah menjadi beberapa bagian, maka agan bisa mendownloadnya secara berangsur-angsur. Download bagian pertama, kemudian download bagian kedua, dan seterusnya.:)
     Ya, itulah alasan mengapa link download yang diberikan dalam bentuk part (bagian/ pecahan), itu sangat bermanfaat sekali bagi agan yang sedang di warnet,:) tambah lagi harga billing warnet mahal...!!!;-(
     Oke! Apabila agan pergi ke potingan ini pastinya agan sudah memiliki file .RAR dalam bentuk pecahan-pecahan yang berupa ".part". Jumlah ".part" pada .RAR tidak memiliki limit atau batasan (spt: .part01, .part02, .part03...), lantas bagaimana cara kita mengetahui banyak part pada file .RAR kita?? Mudah!!:d caranya yaitu lihat file part terakhirnya. Biasanya file terakir tersebut memiliki ukuran lebih kecil dari file sebelumnya.(o)
     Misalkan seperti pada gambar dibawah ini, saya mendownload Adobe Photoshop CS6. Semua file yang diperlukan untuk mengekstrak file rar tersebut adalah tiga file. Kenapa saya yakin?:d Saya yakin karena ukuran file ".part3" memiliki ukuran lebih kecil daripada file ".part2" dan ".part1" yang sama-sama memiliki ukuran 512.000 KB, karena tidak mungkin ukuran part/ bagian yang terakhir lebih besar ukrannya daripada part pertama dan kedua, karena batas ukuran setiap .part adalah sama. Seperti contoh ini, maksimal ukuran untuk satu part itu adalah 512.000 KB dikalkulasikan menjadi 500 MB.:-d
(617x116)File .rar part list.png

Untuk menggabungkan file .Part tersebut agan harus meletakkan seluruh file .part dengan nama yang sama (kecuali nomor partnya, seperti .part01, .part02, .part03, dst...) ke dalam sebuah folder, yaitu;
  1. Buat sebuah folder, dan namai sesuai dengan nama file yang agan download (tidak harus nama file yang agan download, boleh seterah agan saja).:)
    (852x394)Create Folder.png
  2. Pindahkan part/ bagian file tersebut ke dalam folder yang baru dibuat tadi:d
    (617x116)File .rar part list.png
  3. Ekstrak file yang sudah dipindahkan tadi menggunakan winrar. Pada tutorial ini saya menggunakan winrar, jadi saya menyarankan agan untuk mendownload winrar jika agan ingin tutorial ini sama persis dengan yang agan praktikkan.:)
    Cara mengekstraknya;

    Sebagai contoh, saya gunakan file adobe photoshop CS6 yang baru saja saya download yang sudah saya perlihatkan pada pembukaan diatas tadi, beriktu step-nya;
    1. Klik kanan satu kali pada file ".part1", dan pilih "Extract Here".(o)
      (608x407)Extract here.png
    2. Masukkan password apabila ditanya. Kalau tidak ada password, jendela ini tidak akan tampil dan langsung memulai pengekstrakan.:)
      (346x366)Insert Password.png
    3. Tunggu beberapa saat sampai ekstraksi selesai.:)
      (319x281)Winrar extracting in progress.png
    4. Selesai. seperti pada gambar berikut, yang berwarna biru adalah file hasil ekstrak dari ketiga file ".part" tadi.:d
      (624x318)File extracted list.png
     Bagaimana?:) Mudah kan?:d Mengekstrak file ber-pert ternyata bukan hal yang serumit dugaan kita. Hanya perlu beberapa klik langsung selesai dan sesegera agan bisa menikmati game atau software yang berukuran besar yang baru saja agan download.:-d Oke! itulah tentang tutorial atau cara bagaimana mengekstrak file rar yang dipecah (ber-part), moga-moga agan dapat memahaminya dengan baik serta tidak ada masalah saat mengekstrak file part tersebut, aamiin!(p)
     Segala bentuk kata-kata yang agan anggap dirasakan tersinggung saya mohon sekali untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini.:)) Karena artikel ini masih buatan manusia pasti masih banyak kesalahan-kesalahannya, saya berharap sekali untuk agan agar memberikan tambahan atau kritikan terhadap postingan saya kali ini, segala komentar agan akan saya balas secepat yang saya bisa.:). Terimakasih kepada agan yang sudah mau berkunjung di blog saya, apabila dirasa kurang, agan dapat melihat-lihat daftar artikel terkait di bawah ini atau buka saja daftar isi dari blog ini. Akhir kata Wassalamu'alaikum Wr. Wb.(p)

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Cara Menggabungkan File .RAR yang Dipecah/ Part Menjadi Satu"

  1. itu yang di extract cuma part 1 doang gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Part1 mewakili seluruh part yang ada.

      Delete
  2. kalo ada 75part itu harus di ekstrak satu " atw gimana ? :-?

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu nihh :D Moga Berhasil Dan Semoga Sukses Slalu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas do'anya... semoga membantu... :)

      Delete
  4. gan mohon pencerahannya, saya pernah kebingungan buat nginstal adobe cs5 master collection yang file .rar nya sampe part55. jadi saya minta bantuan teman, tapi cara nya beda dengan yang agan posting, apa memang banyak cara ya gan buat gabungin file .rar ini ??
    kalo memang bayak, cara mana yang lebih efisien??

    ReplyDelete
  5. Password Ekstrak-nya apa ya gan, ?! [-(

    ReplyDelete
  6. infonya sangat bermanfaat
    Cara Menggabungkan File .RAR/Part Menjadi Satu Folder | Giribig http://go.idcheat.com/1LGlkEA

    ReplyDelete
  7. thanks ya gan,, bermanfaat banget infonya

    ReplyDelete

BERI KOMENTAR | SIAPAPUN BISA BERKOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.
Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.
Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Kata-kata yang tak pantas akan segera disensor oleh sistem.
Segala bentuk link yang bersifat promosi semata tanpa ada komentar kepada pembaca, maka saya berhak menghapus komentar tersebut tanpa basa-basi.


ORANG YANG BERKOMENTAR
Annonymus : Bagi agan-agan yang tidak mempunyai akun Google
Google : Apabila agan-agan memiliki akun Google
Name/URL : Bagi agan-agan yang dapat mencantumkan nama dan link sobat

TAG KOMENTAR
Agan-agan juga bisa menggunakan tag <b>...</b> untuk menebalkan tulisan, tag <i>...</i> untuk memiringkan tulisan, dan tag <u>...</u> untuk memberikan garis bawah.

Siapapun dapat mengomentari artikel ini, tanpa harus menggunakan chapca.
Thanks udah mau berkunjung ke blog saya agan-agan yang baik...